Thursday, May 14, 2015

Review Snake Rewind - Permainan Jadul dengan Rasa Modern Telah Rilis

Seperti yang telah saya beritakan sebelumnya pada tulisan saya yang berjudul Snake Rewind - Permainan Jadul yang Bangkit Lagi pada 14 Mei 2015 bahwa Taneli Armanto yang bekerja sama dengan Rumilus Design meluncurkan game lama yang pernah sangat populer di zamannya dengan nama Snake Rewind. Pengembang yang berlokasi di Turku, Finlandia, ini meluncurkan sehari sebelum tanggal yang telah dijanjikan yaitu pada tanggal 13 Mei 2015.

Snake Rewind di Android

Saya sendiri berkesempatan mencoba permainan yang saya tunggu-tunggu ini pada tanggal 14 Mei. Saya sempat berpikir bagaimana dengan gameplay yang akan disajikan oleh Taneli yang berkolaborasi dengan Rumilus Design. Ketika mengunduh game ini di Google Play, saya sempat berpikir bagaimana memainkan permainan ini dengan ketiadaan tombol fisik yang ada di ponsel saya mengingat ponsel jadul memiliki tombol fisik.

Saya sempat kebingungan ketika mencari permainan ini di Google Play. Mungkin karena masih baru. Ketika saya mengetikkan “Snake Rewind”, saya menjumpai banyak permainan yang saya yakin sekali bukan Snake Rewind yang saya maksud. Akhirnya saya menemukannya dengan menggunakan kata kunci “Rumilus Design”. Aplikasi ini berukuran 25.70 MB pada versi 1.0.0.5.

Tampilan


Dari segi tampilan memang lumayan memuaskan. Tampilannya juga nampak seperti yang ada pada video yang beredar sebelumnya. Nuansa jadulnya masih terasa dengan efek pixel yang besar ala game jadul pada game tersebut; tentunya dengan tambahan nuansa modern yang dapat saya bilang bagus.

Pada awalnya kita mengontrol ular dengan menggunakan sentuhan / tap. Mungkin bagi yang bingung dapat mengubah pengaturannya. Ada dua cara untuk mengontrolnya; dengan sentuhan dan swipe. Saya sendiri lebih menyukai menggunakan swipe.

Fitur



  • Rewind the snake: bahkan setelah menabrak, kita dapat memutar ulang atau memainkan kembali ular kita.
  • Special fruit: banyak tersedia fruit yang memiliki kekuatan dan efek yang unik untuk digunakan ketika bermain.
  • Fruit store: kita dapat membeli berbagai macam boosters untuk menunjang permainan.
  • 10 levels dengan tampilan dan musik yang berbeda: dapat dibuka / unlock dengan menyelesaikan misi yang menyenangkan dan menantang.
  • Berkompetisi dengan pemain lain: Kita dapat berkompetisi dengan pemain-pemain lainnya jika terhubung dengan Facebook dan Game Center.



Kelebihan


Grafis pada permainan ini lumayan bagus. Perpaduan antara kesan klasik pada permainan Snake dan grafis yang modern dapat mengobati kerinduan kita terhadap permainan ini. Special fruit juga merupakan salah satu hal yang menarik. Efek yang ditampilkan special fruit ini adalah efek yang tidak kita jumpai pada layar monokrom

Kekurangan


Beberapa orang mengeluhkan masalah kontrol pada game ini. Mengontrol menggunakan sentuhan / tapping memang agak susah. Saya sendiri merasakannya. Untuk mempermudah memainkannya, saya menggunakan mode swipe yang ada pada pengaturan. Tetapi, saya yakin kita akan terbiasa.

Ponsel yang digunakan pada review ini: Sony Xperia M2 Dual - D2302 (4.4.4)

Apakah Akankah permainan ini dapat meraih popularitas seperti Angry Bird, Candy Crush, atau Flappy Bird? Mungkin anda sendiri yang dapat menilainya?

Snake Rewind
4 / 5 stars

Seorang blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang bekerja sebagai public relations officer. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

2 comments

game legendaris nih dulu, sekarang lebih modern ya


EmoticonEmoticon