Monday, May 11, 2015

Tips Browsing di Android Bagian I

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan istilah browsing? Saya yakin pembaca sekalian tentunya tahu dengan istilah tersebut. Pada artikel ini, browsing yang saya maksud adalah menjelajah dunia maya menggunakan browser di Android. Aktivitas browsing menggunakan browser di android ini sangatlah lumrah dilakukan. Biasanya orang-orang melakukan aktivitas ini untuk mencari informasi penting, hiburan, dan juga bahkan membuka media sosial menggunakan browser.

Tips Browsing di Android Bagian I

Di sistem operasi android kita dapat menjumpai banyak browser. Beberapa browser yang populer seperti Chrome, Opera Mini, dan UC Browser. Setiap aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Diantaranya ada yang memberikan pengalaman browsing dengan nyaman layaknya menggunakan komputer, ada yang memberikan tampilan minimalis sesuai fungsinya yaitu browser untuk ponsel, ada juga yang memberikan kelebihan seperti kompresi data yang membuat hemat paket internet yang kita gunakan. Saya sendiri menggunakan banyak browser di dalam ponsel Android saya untuk berbagai keperluan.

Berikut ini adalah tips umum dan juga sederhana yang dapat saya bagikan kepada pembaca agar dapat melakukan aktivitas browsing secara maksimal. Pada kesempatan lainnya saya akan membahas tentang tips browsing dengan menggunakan browser yang lebih spesifik.

Gunakan browser yang terpercaya


Pastikan Anda menggunakan browser yang terpercaya. Pasanglah aplikasi browser dari sumber yang jelas. Saya sangat menyarankan pembaca untuk mengunduh aplikasi langsung dari Google Play. Jangan menggunakan aplikasi dari tempat yang Anda sendiri tidak meyakininya. Apalagi menggunakan browser hasil modifikasi tidak resmi.

Jika Anda mengunduh aplikasi dari Google Play, Anda dapat melihat pada jumlah review dan jumlah download untuk mengetahui popularitas dari pengembang browser.

Gunakan fungsi save password seperlunya


Tentunya akan sangat merepotkan jika kita harus mengetik ulang password kita setiap kali ingin masuk ke suatu website seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Kita dapat menggunakan fungsi save password untuk menyimpan password kita. Beberapa pengembang browser bahkan sudah menyajikan fitur integrase antara browser untuk ponsel dan desktop. Sehingga password yang telah kita simpan di ponsel juga akan tersimpat di desktop.

Namun perlu diingat bahwa terkadang tidak hanya Anda yang menggunakan ponsel Anda sendiri. Terkadang ada teman atau keluarga Anda yang meminjam ponsel. Jadi, gunakan fungsi ini dengan bijak. Jika akun Anda sangat penting dan pribadi, jangan pernah mengeluh untuk menuliskan password secara manual.

Private browsing juga merupakan pilihan untuk menjaga privasi kita


Private browsing mempunyai banyak nama. Jika di Chrome namanya incognito mode, mungkin di browser lain Anda akan menjumpai nama yang berbeda seperti private mode dan lain sebagainya. Dengan menggunakan fitur ini, browser tidak akan menyimpan informasi seperti cookie, cache, history, dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat melakukan browsing tanpa ada jejak terhadap aktivitas kita.

Fitur ini sangat membantu jika suatu saat nanti Anda meminjamkan ponsel kepada orang lain atau ketika Anda meminjam ponsel orang lain untuk browsing. Aktivitas browsing yang anda lakukan tidak akan tercatat atau meninggalkan jejak di ponsel orang.

Namun, yang perlu diingat adalah mode ini tidak dapat menyembunyikan aktivitas browsing kita pada provider internet yang kita gunakan. Tetaplah berinternet dengan sehat. Jangan membuka situs yang macam-macam apalagi menyebarkan fitnah dan informasi palsu.

Bagaimana? Sudahkah pembaca menggunakan tips yang ada di atas? Bila ada tips lain, silakan berikan komentar di bawah tulisan ini. Saya akan memberikan pembahasan lanjutan di tulisan berikutnya. 

Seorang blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang bekerja sebagai public relations officer. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.


EmoticonEmoticon